Tutorial Membuat Aplikasi dengan Access Bagian - 1

Tutorial Membuat Aplikasi dengan Access - Membuat program Aplikasi ternyata tidak sesulit seperti yang dibayangkan.  Untuk kebutuhan di kantor kita bisa membuatnya sendiri dengan belajar otodidak. Selain mempunyai nilai plus bagi kita, juga akan menambah wawasan tentang dunia pemrograman.

Microsoft Access sebenarnya kaya akan fitur-fitur untuk pembuatan aplikasi. Baik dalam skala kecil maupun untuk skala besar. Microsoft Access adalah salah satu paket yang dibundel dalam Microsoft Office buatan Microsoft. Untuk membuat aplikasi sederhana untuk perkantoran saya lebih memilih membuatnya menggunakan acces. Disamping karena proses pembuatannya tidak terlalu lama, juga hasilnya tidak kalah dengan bahasa pemrograman lain. Juga aplikasi yang dihasilkan bersifat portabel asalkan di komputer sudah terinstal microsoft office, dan juga biaya untuk maintenance aplikasi gampang dilakukan.

Saya akan membagikan tutorial step by step cara untuk membuat program sederhana dengan menggunakan microsoft access. Kita akan belajar bagaimana membuat aplikasi dengan mengetikkan langsung perintah pemrogramannya (tanpa menggunakan wizard). Sebagai contoh kasus belajar pada postingan saya yang lalu yaitu artikel   Aplikasi label undangan dan amplop. Untuk memudahkan silahkan di downlod dulu aplikasi tersebut.

Memulai Microsoft Access 2007
Pada Start Menu jalankan Microsoft Office Access 2007, kemudian klik New atau tekan Ctrl+N



Pada menu disebelah kanan bawah beri nama file Undangan lalu klik tanda folder warna kuning (yang saya lingkari merah)

  
Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut. Pada pilihan Save as type pilihlah Microsoft Office Access Database dengan type data .mdb seperti pada gambar dibawah. Klik OK



Membuat Tabel

Pada menu Access pilih Create lalu pilih Table Design untuk membuat tabel baru dan beri nama : tbl_DataLabel. Lihat gambar dibawah yang saya lingkari merah.


Buat field seperti berikut :


FieldName
DataType
FieldSize

IDLabel
Number
Long Integer

NamaLabel1
Text
255

NamaLabel2
Text
255

Alamat
Yes/No
Yes/No
Default value=1
CetakAmplop
Yes/No
Yes/No
Default value=1


Klik kanan pada field ID Label dan set sebagai Primary Key, seperti gambar berikut





Setelah itu simpan tabel yang kita buat dan beri nama : tbl_DataLabel

Membuat Form
Selanjutnya kita akan membuat sebuah sebuah form sebagai tampilan antar muka aplikasi yang akan kita buat. Tampilan form yang akan kita buat seperti ini :



Untuk membuat form Pada menu bar Create pilih/klik Form Design (yang saya lingkari merah) seperti gambar dibawah ini :



Simpan form yang telah kita buat dan beri nama : frm_DataLabelDetail

Kita akan menghubungkan tabel yang kita buat sebelumnya (tbl_DataLabel) dengan form yang baru selesai dibuat. Berikutnya klik 2 kali di kotak kecil warna hitam di sudut kiri atas pada form yang telah anda dibuat.

Setelah anda mengklik 2 kali akan muncul form Property Sheet seperti dibawah ini. Pilih tab Data, pada pilihan Record Source klik pada kotak dengan yang saya lingkari merah seperti pada gambar. Jadi kita akan memanfaatkan perintah query pada access untuk memilih field.

 

Setelah di klik akan muncul pilihan seperti gambar dibawah. Klik 2 kali / pilih tbl_DataLabel setelah itu klik tombol Close.



Disini kita akan mengisi field –field pada tabel tbl_DataLabel kedalam Setelah itu klik 2 kali atau seretlah tanda * kedalam kolom yang telah tersedia disebelah bawah. Pilih juga field  IDLabel sebagai field primary (kunci). Hilangkan centang pada kotak dibawah IDLabel, pilih Ascending  pada baris short di kolom IDLabel seperti gambar berikut.  Jika sudah, tutuplah jendela Query Builder dengan mengklik tanda X disudut kanan atas. Jawab Yes pada konfirmasi Do you want to save….



Sekarang pada Menu Access pilih menu Design lalu klik pada Add Existing Fields yang saya lingkari merah seperti gambar dibawah.



Setelah di klik akan muncul menu Field List dari tabel tbl_DataLabel seperti gambar berikut



Seretlah field-field tersebut satu-persatu kedalam form frm_DataLabelDetail  sehingga tampak seperti gambar dibawah berikut ini.




Selanjutnya Klik kanan pada tulisan Detail  lalu pilih Form Header/Footer untuk memunculkan Header dan Footer form.




Hasilnya seperti gambar dibawah setelah kita memilih Form Header. Klik lalu Hapuslah semua label atau tulisan yang pake titik dua. Tulisan yang dihapus yaitu IDLabel: NamaLabel1: NamaLabel2: Alamat:, Cetak, Amplop, sehingga yang tersisa seperti pada gambar berikut.



Atur ulang field-field tadi  sehingga bentuknya menjadi horizontal, sampai tampilannya seperti pada gambar berikut.


Kita akan membuat ulang label-label yang kita hapus tadi. Pada menu Access pilih menu Design kemudian pilih Label (yang saya lingkari merah)



Klik pada label dan taruh di bawah tulisan Form Header, buatlah satu persatu sehingga tampilannya akan menjadi seperti gambar dibawah ini. Nama label yang dibuat boleh tidak sama dengan nama field (disesuaikan saja), Usahakan agar label yang kita buat sejajar dengan nama-nama Field dibawah Detail agar kelihatan rapi.



Buat lagi sebuah form baru seperti langkah membuat frm_DataLabelDetail diatas. Form ini kita akan beri nama:  frm_DataLabel.  Form ini akan kita fungsikan sebagai tempat melekatnya frm_DataLabelDetail. Mengapa kita perlu membuat form ini? Yah form ini kita akan jadikan sebagai Form induk agar tampilan aplikasi tidak mengambang.



Selanjutnya klik 2 kali pada kotak hitam kecil disudut kiri atas (yang saya lingkari merah). Setelah diklik maka akan muncul pengaturan properti seperti gambar berikut :



Pada tab Format aturlah beberapa properti form seperti  berikut ini :


Caption
Aplikasi Label Undangan
Border Style
Thin
Default View
Single Form
Record Selectors
No
Navigation Buttons
No
Dividing Lines
No
Scroll Bars
Neither

Sekarang kita akan menggabungkan form frm_DataLabel dengan form frm_DataLabelDetail. Pada menu Access pilihlah menu Design lalu klik Subform/Subreport (yang saya lingkari merah) seperti gambar berikut.




Klik dan tempatkan pada form frm_DataLabel. Pada konfirmasi Subform Wizard yang muncul pilihlah frm_DataLabelDetail, lalu klik Next dan lalu pilih Finish. Maka frm_DataLabelDetail akan muncul ditengah-tengah form frm_DataLabel. Aturlah supaya posisinya berada ditengah-tengah seperti gambar berikut ini :



Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat Aplikasi dengan Access Bagian - 1"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel