6 Macam Peralatan Kantor di Gedung Perkantoran Modern

6  Macam Peralatan Kantor di Gedung Perkantoran Modern - Apa saja peralatan kantor yang tersedia di gedung perkantoran modern jaman sekarang? Berikut beberapa peralatan kantor yang sering kita jumpai di kantor-kantor, baik di kantor pemerintah maupun swasta. Peralatan kantor ini bersifat wajib dimiliki oleh kantor, untuk menunjang kegiatan sehari-hari di kantor.

1. Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah diinputkan sebelumnya. Di era tahun 80-an, komputer merupakan peralatan kantor yang sangat jarang kita jumpai. 
komputer


Tetapi sekarang  komputer merupakan salah satu peralatan kantor utama yang wajib di miliki perkantoran modern. Semua jenis pekerjaan mulai dari pekerjaan surat-menyurat,  pengolahan data semuanya dapat dikerjakan dengan komputer.

2 . Printer
Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirim oleh komputer, baik berupa teks, gambar, tabel, atau pun foto. Sebelum mencetak kita harus menyediakan kertas untuk printer dan nanti printer akan melakukan  pencetakan sendiri.

printer


Setiap kantor membutuhkan paling tidak  satu unit printer untuk mendukung pekerjaan cetak mencetak di kantor. Segala macam  dokumen perlu dicetak , misalnya faktur, slip, selebaran, nota dan surat-surat lainnya. 

3. Mesin Fotocopy
Mesin fotocopy adalah suatu alat untuk menyalin atau menggandakan kembali dokumen dengan menggunakan cahaya, panas, yang bersumber dari listrik. Sebelum diciptakannya mesin fotocopy,dapat dibayangkan betapa sulitnya pekerjaan untuk membuat salinan dokumen.

mesin-foto-copy


Satu-satunya cara yang ditempuh adalah dengan menulis ulang kembali dengan tangan atau diketik ulang dengan menggunakan mesin ketik yang  dilapisi kertas karbon. Cara ini tidak praktis karena membutuhkan waktu yang lama untuk menggandakannya. Apalagi jika menggandakan beberapa puluh bahkan ratusan dokumen setiap hari.

Beberapa kantor melengkapi peralatan mesin fotocopy untuk memperlancar kegiatan penggandaan dokumen di kantor, dengan membeli mesin fotocopy kecil atau portable. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang mesin fotocopy sudah dikombinasi dengan printer dan scanner dalam satu unit.

4. Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan dulu pada layar monitor komputer,  kemudian baru dapat diubah atau  dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian baru disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

scanner


Hasil salinannya dapat di simpan dalam bentuk digital kedalam CD atau sebagai salah satu cara pengarsipan modern. Scanner juga merupakan peralatan wajib dimiliki di kantor yang sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

5. Mesin Laminating
Mesin laminating adalah mesin untuk melaminasi atau melapisi kertas dengan  plastik atau film. Mesin Laminating umumnya jarang terdapat pada sebagian besar kantor. Kecuali kantor yang berhubungan dengan administrasi kependudukan, dan yang berhubungan dengan pembuatan Kartu Identitas. Misalnya untuk pembuatan KTP dan  sebagainya.

Namun terkadang juga dokumen-dokumen lain yang dianggap penting dilapisi dengan plastik menggunakan alat ini.

6. Mesin Ketik
Mesin ketik adalah suatu mesin  atau alat elektronik yang dilengkapi dengan set tombol-tombol yang apabila ditekan dapat menyebabkan huruf tercetak pada kertas.



Walaupun era kejayaan mesin ketik sudah berlalu, tapi sebagian besar kantor masih tetap menggunakan alat yang satu ini. Mesin ketik biasanya digunakan untuk mengetik berbagai jenis blangko atau kuitansi yang tidak bisa di tulis tangan, atau di ketik menggunakan komputer.

Update
Modem + Jaringan Internet
Tidak lengkap rasanya bila di gedung perkantoran modern tidak mempunyai jaringan internet sebagai peralatan kantor wajib, untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan sehari-hari. Umumnya jaringan internet di perkantoran pengadaannya dilakukan dengan sistem berlangganan dengan pihak ketiga sebagai penyedia jasa layanan intenet.


peralatan jaringan


Baca juga : Kenapa saya membuat blog ini
Informasi apa saja yang berhubungan dengan tugas-tugas di kantor dapat di cari dengan mudah melalui internet. Misalnya tentang peraturan-peraturan kepegawaian terbaru bisa diunduh lewat situs-situs resmi pemerintah.

Demikianlah artikel tentang 6  Macam Peralatan Kantor di Gedung Perkantoran Modern, semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "6 Macam Peralatan Kantor di Gedung Perkantoran Modern"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel