5 Jenis Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dengan Komputer


5 Jenis Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dengan Komputer - Menekuni bidang komputer sangat menjanjikan. Apalagi di jaman sekarang semuanya serba komputer. Berikut beberapa profesi yang bisa anda kembangkan di bidang komputer tentunya.


pekerjaan komputer


Operator Komputer
Untuk menjadi operator komputer anda harus menguasai berbagai aplikasi pengolah kata dan gambar. Diantaranya yang paling populer adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Untuk menguasai aplikasi tersebut anda bisa belajar secara otodidak atau mengikuti kursus. Lama belajar maksimal tiga bulan anda sudah mahir.

Jika keahlian ini anda sudah kuasai, dijamin predikat gaptek yang anda miliki sudah anda tinggalkan. Jika anda bukan seorang pekerja kantoran, keahlian ini bisa digunakan untuk mencari duit. Misalnya dengan membuka usaha jasa pengetikan komputer, Usaha kursus komputer dan lain-lain.

Multimedia Komputer
Jika anda berbakat di bidang desain graphis, anda cocok menekuni bidang ini. Kuasailah berbagai jenis aplikasi yang berhubungan dengan desain multimedia. Misalnya aplikasi untuk desain rumah, editing video, editing photo dan semacamnya. Jika anda bukan seorang pekerja kantoran, anda bisa membuka usaha di bidang ini, misalnya usaha pembuatan/Pengeditan film, pengeditan photo dan sebagainya.

Butuh waktu minimal enam bulan untuk menguasai bidang ini. Belajarnya bisa lewat kursus, pendidikan formal ataupun belajar secara otodidak.

Teknisi Komputer
Anda harus menguasai seluk beluk dan cara kerja komputer untuk mendapat predikat sebagai teknisi komputer. Klasifikasi teknisi komputer yang paling umum dikenal ada dua yaitu teknisi software (perangkat lunak) dan teknisi hardware (perangkat keras).  Jika anda menguasai bidang ini, dijamin anda bakal kebanjiran orderan memperbaiki PC atau laptop yang rusak.  Mulai dari kerusakan peralatan sampai kerusakan  software.

Kuasailah berbagai macam aplikasi yang bisa membantu profesi anda di bidang ini. Misalnya cara mengatasi virus, mengembalikan data yang hilang, cara memperbaiki monitor, printer dan semacamnya. Untuk menjadi ahli dibidang ini butuh waktu minimal satu tahun secara kontinyu. Belajarnya bisa otodidak juga bisa lewat kursus.

Ahli Jaringan Komputer
Anda wajib menguasai seluk beluk software dan hardware komputer secara umum, untuk menjadi ahli di bidang yang satu ini. Pelajarilah berbagai macam topologi jaringan yang ada. Mulai dari instalasi dan konfigurasi jaringan sampai pada jenis-jenis keamanan jaringan. Jika anda seorang pekerja kantoran, anda bisa menjabat sebagai admin database atau seorang yang menjaga lalu lintas data ke server di tempat anda bekerja.

Selain kerja kantoran anda juga bisa bekerja freelance atau membuat perusahaan di bidang Network development, atau konsultan masalah jaringan komputer. Butuh waktu minimal satu tahun atau lebih untuk menguasai bidang ini.

Programmer Komputer
Untuk menjalani profesi di bidang ini dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan serta kesabaran.  Peluang kerja dibidang ini sangat menjanjikan. Apalagi di jaman sekarang kebutuhan akan aplikasi komputer dalam berbagai bidang meningkat pesat. Kuasailah berbagai macam bahasa pemrograman sebagai bekal anda. Setelah itu fokuslah pada satu atau dua (terserah anda) bahasa pemrograman yang anda minati.

Jika anda seorang pekerja kantoran anda bisa menjadi junior programmer di kantor tempat anda bekerja pada awalnya. Anda juga bisa membuka sebuah perusahaan yang khusus bergerak di bidang software development atau menjadi konsultan IT jika anda sudah sangat mahir, atau menjadi seorang programmer freelance sebagai pilihan terakhir. Untuk menjadi ahli di bidang ini dibutuhkan waktu belajar minimal 3 tahun, dan belajar seumur hidup untuk menjadi master di bidang ini. Belajarnya bisa lewat kursus, otodidak atau lewat pendidikan formal.

Ilmu komputer sebenarnya sangat luas, bahasan diatas hanya bersifat umum saja. Masih jarang orang yang menguasai semua bidang keahlian tersebut di atas secara bersamaan.  Mungkin karena terkendala waktu, atau juga tergantung kepada minat dan bakat masing-masing.
 





Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dengan Komputer"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel