Tutorial Cara Instalasi Simda dan SQL Server



Tutorial Cara Instalasi Simda dan SQL Server - Di tutorial kali ini saya akan bagikan cara mengkonfigurasi aplikasi Simda dengan menggunakan Sql Server 2000, Lihat postingan sebelumnya tentang Simtrada Sistem Informasi dan Monitoring Transfer Daerah  Tapi sebelumnya kita akan install  dulu aplikasi SQL Server 2000 di komputer kita. Kalau Anda belum punya aplikasinya, silahkan di cari dulu di Google.

1. Oke mari kita mulai, Jalankan setup.exe pada master aplikasi, lalu  Pilih/klik Sql Server 2000 Components


2. Klik Install Database Server

3. Selanjutnya Klik Next

4. Pilih Local Computer..



5. Selanjutnya pilih Create a new instance of SQL Server, klik Next..



6. Pilih Server and Client Tools lalu klik Next



7. Selanjutnya Pilih Typical, lalu klik Next…




8. Selanjutnya pilih yang dilingkari merah pada gambar di bawah lalu klik Next



9. Pilih Mixed Mode dan beri centang pada Blank Password. Lanjutkan dengan memilih Next..



10. Selanjutnya proses instalasi dimulai.. tunggulah beberapa saat sampai selesai. Klik Finish bila sudah selesai



Mengkonfigurasi Database
Sekarang kita akan mengkonfigurasi database Simda. Tapi sebelumnya buat dulu folder untuk menyimpan file yang akan di restore. Sebagai contoh saya buat folder di Drive D:\SimdaDB.

11. Pada Start Menu cari Microsoft SQL Server yang telah kita instal, lalu pilih Enterprise Manager



12. Setelah jendela Enterprise terbuka, cari Folder Database di Local seperti gambar dibawah



13. Selanjutnya setelah Folder Database terbuka, klik kanan pada jendela sebelah kanan lalu Pilih All Tasks, lalu pilih Restore Database (urutannya sesuai yang dilingkari merah).



14. Akan muncul jendela Restore database. Beri nama file yang akan direstore misalnya sebagai contoh disini kita beri nama simda_db. Lalu pilih From device, lanjutkan dengan Select Devices (urutannya sesuai yang dilingkari merah)



15. Setelah tombol Select Devices di klik akan muncul jendela seperti di bawah ini. Lanjutkan dengan mengklik tombol Add.



16. Setelah tombol Add diklik akan muncul jendela Choose Restore Destination seperti gambar di bawah. Selanjutnya klik yang dilingkari merah



17. Carilah Drive tempat anda menaruh file database simda sebelumnya yang akan direstore . Sebagai contoh saya menaruh database di Folder tempat Drive C. Pilih file tersebut lalu klik tombol OK seperti gambar di bawah



18. Selanjutnya akan muncul jendela dibawah seperti ini. Klik OK


19. Klik OK lagi..


20. Setelah tombol OK diklik akan muncul lagi jendela yang tadi seperti gambar di bawah.. Selanjutnya Pilih Tab Options (yang dilingkari merah) seperti dibawah.



21. Setelah anda memilih Tab Options akan muncul jendela seperti di bawah. Ubahlah folder penyimpanan kedua file tersebut seperti gambar di bawah dengan folder memilih yang sudah kita buat sebelumnya di D:\SimdaDB (yang dilingkari merah).



22. Selanjutnya klik tombol OK. Bila proses ini berhasil dilakukan akan muncul jendela Progress yang sedang berproses. Tunggulah sampai selesai (Bila anda gagal di proses ini, biasanya karena Folder Penyimpanan yang tidak sesuai dengan yang dipilih. Ulangi lagi langkah-langkah diatas). Klik OK jika selesai.



23. Jika konfigurasi anda berhasil maka pada jendela Enterprise Manager akan tercipta database yang sudah kita restore seperti pada gambar di bawah (yang dilingkari merah)


Selesailah proses menghubungkan database dengan aplikasi Simda.

Menghubungkan Database dengan Aplikasi SIMDA
Sekarang kita akan mengetes koneksi database yang telah kita buat dengan aplikasi SIMDA. Jalankan aplikasi simda yang sudah terinstall di komputer anda.

24. Selanjutnya akan muncul Menu Login Autentifikasi seperti gambar di bawah. Pada Textbox Server masukkan tanda titik (.), pada textbox Database ketikkan simda_db (yang sudah kita buat sebelumnya). Pada Mode Autentifikasi Pilih Windows.



25. Selanjutnya klik tombol Tes Koneksi untuk mengetes koneksi database. Bila berhasil akan muncul pesan seperti gambar dibawah.



Selamat database anda sudah terhubung dengan aplikasi simda.


Semoga bermanfaat

UPDATE : 

Bila ada yang ingin ditanyakan seputar simda atau jika Aplikasi SIMDA anda sudah expire, saya dapat membantu memberikan Kode PIN aktivasi yang baru. Cukup isi kotak komentar di bawah dengan Nomor Register SIMDA anda. Saya akan membalasnya dalam 1 x 24 jam.

Karena Komentar di Artikel ini sudah banyak, sehingga pengunjung yang ingin mendapatkan PIN AKTIVASI SIMDA agak terganggu, maka Permintaan PIN SIMDA dipindahkan ke Artikel yang terkait yaitu SIMTRADA Sistem Informasi Monitoring dan Transfer Daerah Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.. Terima Kasih

Baca juga : Tutorial cara koneksi simda server .


Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Instalasi Simda dan SQL Server"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel