Tutorial Cara Membuat Form Login di MS Access


Tutorial Cara Membuat Form Login di MS Access - Selamat berjumpa kembali sobat blog-pns. Pada tutorial kali ini saya akan membagikan Tutorial Cara Membuat Form Login di MS Access. Form login biasanya ditampilkan saat aplikasi pertama kali dijalankan. Form login ini berfungsi sebagai proses autentifikasi bagi user atau pengguna ketika menjalankan suatu aplikasi, walaupun pada kenyataannya tidak semua aplikasi dilengkapi/memakai dengan  form login.

Contoh Form Login seperti gambar berikut :


tutorial-cara-membuat-form-login-ms-access


Sebelumnya pasti sobat sudah membaca artikel saya yang lalu, yaitu artikel yang berjudul Tutorial Membuat Aplikasi dengan MS Access Bagian – 1 dan artikel Tutorial Membuat Aplikasi dengan MS Access Bagian – 2. Pada artikel tersebut  saya sudah menjelaskan tentang cara membuat form, cara membuat command button, cara membuat tabel, membuat textbox, membuat query dan sebagainya. Jadi saya anggap sobat sudah memahaminya dengan baik.

1.    Pertama-tama buatlah sebuah tabel dengan struktur field seperti gambar di bawah. Jangan lupa di save dan beri nama tbl_user.

form-login


2.    Klik dua (2) kali pada tabel tbl_user  yang telah anda buat, inputlah kata "admin" pada kolom user dan "xx" pada kolom password. Pada kolom password nilainya terlihat sebagai simbol "**". Ini berfungsi agar password yang diinput nanti tidak akan kelihatan. Karena sudah diatur pada property Input Mask diisi dengan Password. (lihat gambar diatas pada point 1)

tutorial-cara-membuat-form-login-ms-access


3.    Buat juga sebuah form seperti gambar di bawah ini, tambahkan dua buah textbox dan dua buah command button. Jangan lupa di save dan beri nama frm_LOGIN

form-login-access


4.    Klik kotak pada sudut kanan atas frm_login  yang dilingkari merah, selanjutnya pada Record Source di Property sheet, klik tanda yang dilingkari merah untuk membuat query pada frm_LOGIN. Jika sudah selesai tutup kotak query builder dan save. Ikuti petunjuk pada gambar di bawah.

tutorial-cara-membuat-form-login-ms-access


5.    Kembali pada form frm_LOGIN, tambahkan  2 (dua) buah textbox dan pada property All beri nama text3 dengan name = userx, text4 dengan name = password. Sesuaikan juga dengan Control Source masing-masing yaitu text3 control source = User, text4 = Password. Lihat gambar di bawah.

form-login


Kedua textbox ini berfungsi untuk mengambil nilai pada tabel tbl_user yang telah diisi sebelumnya dan membandingkannya dengan nilai yang diinput pada Nama User dan Password yang diminta. Jika nilainya cocok maka akan dieksekusi. Jika tidak cocok maka akan ditolak atau aplikasi tidak akan melanjutkan ke form berikutnya.

6.    Selanjutnya agar kedua textbox yang baru dibuat tidak dimunculkan pada saat form frm_LOGIN dijalankan, aturlah agar kedua texbox tersebut dalam keadaan tersembunyi dengan memilih No pada Visible. Lihat gambar di bawah.



Untuk lebih jelasnya pengaturan property form seperti pada tabel berikut  :


7.    Klik kanan pada command1 yang kita sudah ganti namanya menjadi cmdLogin lalu pilih Macro builder, seperti pada gambar di bawah ini. Lakukan hal yang sama untuk cmdExit.



Selanjutnya salinlah script kode dibawah ini dan paste di dalam cmdLogin

Private Sub cmdLogin_Click()
On Error Resume Next
Dim db As Database, s As String, rs As Recordset
Set db = CurrentDb
If IsNull(Me!User) Then
    Beep
    MsgBox "Mohon Diisi dulu User Namenya....", 64, "USER"
    Me!User.SetFocus
Exit Sub
End If
If IsNull(Me!Password) Then
    Beep
    MsgBox "Mohon Diisi dulu Passwordnya....", 64, "PASSWORD"
    Me!Password.SetFocus
Exit Sub
End If

s = "SELECT tbl_User.* FROM tbl_User;"
Set rs = db.OpenRecordset(s)
If Me!Password <> Me!pass Or Me!User <> Me!userx Then
    MsgBox "Password Tidak Benar...Masukkan Password ", vbCritical, "SORRY.."
    Me!Password.SetFocus
    Else
        DoCmd.OpenForm "frm_Utama", acNormal
        DoCmd.Close acForm, "frm_login"
End If
End Sub

Pada script perintah DoCmd.OpenForm "frm_Utama",acNormal diatas akan memanggil form yang bernama frm_Utama (anda bisa mengganti namanya sesuai selera). Buatlah lebih dahulu form frm_Utama ini untuk menguji apakah script/kode ini bisa berfungsi atau tidak.

Sedangkan script/kode DoCmd.Close acForm, "frm_login" berfungsi untuk menutup form frm_LOGIN secara otomatis jika form frm_Utama sudah dieksekusi/dijalankan.
8.    Selanjutnya klik kanan pada command2 yang kita sudah ganti namanya menjadi cmdExit lalu pilih Macro builder, seperti point nomor 7 di atas.
Private Sub cmdExit_Click()
    If MsgBox("Tutup Aplikasi ?", 33 + 256, "LOGOUT") = 1 Then
        DoCmd.Quit
    Else
    End If
End Sub

Bersambung ke artikel selanjutnya yaitu  Tutorial Cara Membuat Form Ganti Password

Demikianlah tutorial tentang Tutorial Cara Membuat Form Login di MS Access.
Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Membuat Form Login di MS Access"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel