Tutorial Cara Mudah Membuat Menu Bar di Microsoft Access

Tutorial Cara Mudah Membuat Menu Bar di Microsoft Access - Pada tutorial ini kita akan membuat Menu Bar yang akan berfungsi sebagai sortcut atau jalan pintas untuk menjalankan/mengeksekusi form dan report pada suatu aplikasi yang telah kita buat menggunakan Microsoft Access.

tutorial-cara-mudah-membuat-menu-bar-microsoft-access



Utilitas untuk membuat menu bar pada Microsoft Access 2007 dan versi selanjutnya sudah ditiadakan oleh Microsoft Office. Sebagai gantinya adalah menu Ribbon. Tapi untuk menyiasati hal ini, kita masih bisa membuat menu bar tersebut menggunakan Microsoft Access versi  2003 kebawah, dan tetap bisa berfungsi dengan baik pada versi Microsoft Access 2007 ke atas dengan sedikit modifikasi.

Di tutorial ini saya akan mencoba menguraikan langkah-langkah cara membuat menu bar dengan mudah menggunakan versi Microsoft Access XP. Jika pada laptop/PC Anda belum terinstall Microsoft Access XP atau 2003, silahkan install terlebih dahulu dengan mencentang pada pilihan Microsoft Access  saja. Sedangkan yang lainnya tidak usah dicentang. Lihat gambar di bawah ini.

menu di access


Jika proses instalasi sudah Microsoft Access XP atau Access 2003 sudah selesai Anda lakukan, selanjutnya kita akan memulai langkah-langkah pembuatan menu bar.

Berikut Step By Step untuk Membuat Menu Bar di Microsoft  Access


Step Ke-1
Klik kanan pada baris menu bar (lihat nomor 1) lalu pilih customize pada menu yang muncul (nomor 2). Lanjutkan dengan mengklik tombol New (nomor 3). Maka akan muncul kotak New Toolbar, masukkan nama menu yang akan Anda buat. Misalnya pada tutorial ini saya beri nama MenuBarAplikasi. Klik tombol OK jika sudah selesai.


menu bar


Step Ke-2
Setelah tombol OK di klik, akan muncul pada list Toolbar nama menu yang sudah kita buat yaitu MenuBarAplikasi yang secara otomatis tercentang (lihat nomor 6), dan sebuah kotak kecil menu bar yang masih kosong (nomor 7). Seret/drag kotak kecil tersebut (awas jangan sampai hilang) ke atas menu bar di bawah menu file bawaan Microsoft Access (nomor 8). Menu bar inilah yang akan kita isi dan edit sesuai kebutuhan. (Ikuti panduan gambar di bawah ini).


tutorial-cara-mudah-membuat-menu-bar-microsoft-access


Step Ke-3
Sekarang kita akan membuat  judul menu. Klik pada Tab Commands (nomor 9) lalu geser scrool kebawah, cari tulisan New Menu lalu klik satu kali (nomor 10),  pada kotak list di sebelah kanan akan muncul tulisan New Menu (nomor 11). Klik tulisan New Menu pada kotak list lalu  seret / drag ke menu bar yang masih kosong yang sudah dibuat sebelumnya (nomor 12). Selanjutnya klik kanan, pada textbox Name ketik “Pengaturan” (nomor 13). Ikuti panduan gambar di bawah ini.


tutorial-cara-mudah-membuat-menu-bar-microsoft-access


Step Ke-4
Jika Step ke-3  di atas sudah benar, maka menu Pengaturan yang Anda buat sudah jadi tapi masih dalam keadaan kosong. Selanjutnya klik pada tab kedua yaitu Tab Command (lihat gambar di bawah). Pada kotak Category list cari dan klik tulisan File (nomor 14). Pada kotak list Commands di sebelah kanan, geserlah scrollbar ke bawah  untuk mencari commands Page Setup dan Print Preview (nomor 15). Seret/drag pelan-pelan satu persatu ke menu pengaturan sehingga hasilnya akan tampak seperti pada nomor 16 pada gambar di bawah ini.




Step Ke-5
Selanjutnya kita kembali ke Tab Commands, geser scroll untuk mencari tulisan All Forms pada list Categories (nomor 17). Pada kotak list commands di sebelah kanan carilah form yang sudah Anda buat sebelumnya. Misalnya form frm_Pengaturan (nomor 18). Sama seperti Step ke-4, seret/drag ke menu Pengaturan lalu ganti namanya menjadi “Inisialisasi Kop Surat” (nomor 19). Untuk mempercantik menu Anda bisa menambah gambar pada nama menu, ikuti petunjuk nomor 20 dan 21 pada gambar di bawah ini. Untuk memasang list menu yang lain silahkan Anda buat lagi dengan mengulangi Step ke-3 sampai Step ke-4 di atas.

tutorial-cara-mudah-membuat-menu-bar-microsoft-access


Step Ke-6
Setelah menu bar selesai Anda buat, kembali ke Tab Toolbars lalu Pilih Properties dan ikuti petunjuk sesuai nomor pada gambar di bawah ini.


tutorial-cara-mudah-membuat-menu-bar-microsoft-access


Keterangan :
  • Nomor 22 pilih nama menu bar yang sudah dibuat yaitu MenuBarAplikasi
  • Nomor 23 pilih MenuBarAplikasi pada Toolbar Name
  • Nomor 24 pilih Menu Bar pada Type
  • Nomor 25 pilih Can’t Change agar menu tidak bisa diubah oleh user
  • Hilangkan tanda centang pada Show on Toolbars Menu agar menu default/bawaan pada Microsoft Access tidak dimunculkan pada menu bar.
  • Hilangkan tanda centang pada Allow Moving supaya menu bar yang kita buat tidak dapat digeser/dipindahkan oleh user secara tidak disengaja.

Step Ke-7
Sebagai langkah terakhir, sekarang kita akan membuat pengaturan di Microsoft Access 2007 supaya Menu Bar yang sudah kita buat di Microsoft Access XP/2003 dapat bekerja dengan baik. Ikuti petunjuk gambar di bawah ini sesuai dengan nomor petunjuknya.


tutorial-cara-mudah-membuat-menu-bar-microsoft-access


Jika Anda ingin melihat demo menu bar yang sudah jadi, silahkan kunjungi artikel tentang Aplikasi Surat

Klik untuk menonton Video Tutorial Membuat Menu Bar

Demikian tutorial singkat tentang  Cara Mudah Membuat Menu Bar di Microsoft Access. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Mudah Membuat Menu Bar di Microsoft Access"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel