Gaji 13 Tahun 2020 Cair di Bulan Ini Berikut Syarat Pembayarannya

Pembayaran Gaji 13 Tahun 2020. Kapan gaji  13 cair ? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh PNS atau ASN maupun yang sudah pensiunan ketika mereka bertemu satu sama lain. Atau pertanyaan tentang pencairan gaji ke 13 tahun 2020 ini mereka tanyakan pada bendahara yang mengelola pembayaran gaji pegawai pada kantor mereka masing-masing.


gaji-ke-13-pns


Betapa tidak gaji 13 yang sangat dinanti-nantikan ini biasanya cair di pertengahan tahun, tapi di tahun 2020 ini pembayaran gaji 13 tak kunjung ada kejelasan. Walaupun Menteri Keuangan mengatakan sudah menganggarkan gaji ke 13 tersebut di APBN tahun 2020 ini, namun belum ada kepastian mengenai kapan gaji 13 tahun 2020 akan di bayarkan.

Serba Serbi Gaji 13  PNS 


Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kapan gaji 13 untuk ASN atau PNS TNI dan Polri serta pensiunan dibayarkan, yuk mari kita bahas apa itu gaji 13. Mungkin masih ada sobat blog-pns yang belum paham tentang gaji ke 13 ini.

Pemerintah melalui peraturan nomor 19, 20, 21, dan 22 tahun 2016 mengeluarkan gaji di luar gaji pokok yang diberikan ASN dan PNS dan juga kepada pensiunan. Gaji ini sering disebut dengan istilah Gaji 13.

Gaji 13 adalah gaji ASN atau PNS TNI dan Polri yang diberikan di luar gaji pokok 12 bulan. Diberi nama 13 karena gaji ini diberikan sebagai ‘uang dadakan’ di bulan 13, maksudnya di luar 12 bulan gaji pokok. Anda yang jadi PNS atau ASN, pasti akrab banget dengan gaji ini. 

Perbedaan Gaji 13 dengan THR


Perbedaan THR dengan Gaji 13 adalah dalam hal pemberiannya. THR diberikan kepada PNS atau ASN TNI dan Polri ketika sebelum hari raya. Sedangkan Gaji 13 diberikan ketika pertengahan tahun. Gaji 13 awalnya diberikan kepada ASN ketika anaknya hendak memasuki pendaftaran sekolah.

Kenapa demikin? Karena di waktu itulah seorang ASN membutuhkan uang lebih untuk mencukupi biaya pendidikan anaknya. Gaji 13 ini diberikan dalam besaran 1 kali gaji gaji serta tunjangannya.

Sejarah Gaji 13


Salah satu hal yang perlu anda tahu dari Gaji 13 adalah sejarahnya. Dimana gaji ini sudah ada ketika zaman presiden Megawati. Selanjutnya, peraturan pemberiannya dilanjutkan oleh presiden SBY dan Jokowi kali ini.

Gaji PNS yang dari tahun ke tahun tidak mengalami peningkatan, membuat mereka merasa kurang puas terhadap aturan pemberian gaji oleh pemerintah. Maka dari itu, pemerintah merespon mereka dengan mengalokasikan 5% anggaran untuk peningkatan gaji PNS. Maka, disusupkanlah 5% anggaran itu ke dalam Gaji 13 dengan berbagai jenjang PNS. Baik yang aktif maupun yang sudah pensiun.

Isu Gaji 13 di Tahun 2020 Telat Cair


Pandemi Covid-19 yang mengguncang dunia dan ekonominya, membuat pemerintah mengalami dentuman sosial ekonomi yang sangat besar. Banyak sekali belanja negara yang dialokasikan kepada penanggulangan Pandemi Covid-19 ini.

Maka tidak heran, jika gaji ini sempat diisukan telat cair. Sebab terjadinya isu Gaji 13 telat cair ini adalah kacaunya pergulatan sirkulasi keuangan di Indonesia. Hal ini tentu membuat PNS dan ASN tidak terima.

Sebab di saat-saat seperti inilah mereka juga membutuhkan Gaji 13 ini. Menurut mereka, pemerintah seharusnya mempercepat gaji 13, bukan malah menundanya.

Gaji 13 2020 Resmi Cair Agustus 2020


Menghadapi semua problematika itu, akhirnya Gaji 13 dinyatakan cair pada Agustus 2020. Hal ini sudah dinyatakan secara resmi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Namun pembayaran gaji 13 untuk tahun 2020 ini hanya akan dibayarkan kepada para pejabat Eselon III ke bawah termasuk staf Non Eselon. Sedangkan untuk para Pejabat Eselon I, II sudah dipastikan tidak akan mendapatkan gaji 13.

Jadi tahun ini pembayaran gaji 13 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun 2020 ini gaji 13 hanya akan diberikan kepada PNS atau ASN yang menduduki jabatan  Eselon III kebawah. sedangkan untuk PNS Pejabat Eselon I dan II tidak akan menerima gaji 13 ini.

Ada 28,5 Triliun dana yang disiapkan untuk memberikan gaji 13 ini kepada PNS dan pensiunan tahun 2020 ini. Semua anggaran ini direncanakan setelah penanggulangan Pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin membengkak jumlah pasiennya.

Besaran Gaji 13 Tahun 2020


Gaji 13 adalah gaji atau penghasilan yang diberikan secara bertingkat sesuai dengan kedudukan seorang PNS atau ASN. Jumlahnya bervariasi, mulai dari 1,5 juta hingga 5,9 juga. Angka ini didasarkan pada Golongan seorang PNS.

Meski demikian, di situasi seperti ini, semua lini masyarakat tentu membutuhkan tunjangan atau uang tambahan untuk menghidupi keluarganya. Maka dari itu, gaji 13 sangat diharap-harapkan segera keluarga di tahun Pandemi ini.

Demikian ulasan tentang Gaji 13. Isunya yang dikabarkan telat cair pada tahun 2020 ini membuat PNS dan ASN sedikit tersentak. Namun, pemerintah sudah menyelesaikan ini, dengan juga menyelaraskan terkait penanggulangan Covid-19.


Belum ada Komentar untuk "Gaji 13 Tahun 2020 Cair di Bulan Ini Berikut Syarat Pembayarannya"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel